Profile MPI di Jambi

Selama periode 2012-2014, potret kemiskinan multidimensi Provinsi Jambi belum menunjukkan tren yang stabil. Hal ini ditandai dengan berfluktuasinya sejumlah indikator kemiskinan multidimensi, seperti angka kemiskinan, keparahan kemiskinan, serta indeks kemiskinan multidimensi. Setelah sempat menurun pada tahun 2013, indikator-indikator tersebut meningkat pada tahun berikutnya.

Meningkatnya angka kemiskinan dan keparahan kemiskinan secara bersamaan pada tahun 2014, membuat indeks kemiskinan juga meningkat. Peningkatan angka kemiskinan dan keparahan kemiskinan ini terjadi di perdesaan sehingga indeks kemiskinan di perdesaan meningkat tajam. Sementara di perkotaan, hanya keparahan kemiskinannya yang meningkat. Oleh sebab itu, indeks kemiskinan di perkotaan masih tetap melanjutkan tren menurun.

Dalam kondisi itu, jumlah rumah tangga dan penduduk yang tergolong miskin multidimensi bisa tetap terus berkurang. Misalnya, jumlah rumah tangga miskin pada 2014 tercatat sekitar 264 ribu rumah tangga. Jumlah ini lebih kecil sekitar 43 ribu rumah tangga dari jumlah yang tercatat dua tahun sebelumnya. Penurunan tertinggi terjadi pada tahun 2013, saat jumlah rumah tangga yang tergolong miskin multidimensi berkurang hingga 42 ribu rumah tangga. Sementara pada tahun 2014, jumlah rumah tangga yang miskin hanya berkurang sekitar setengah persen dari tahun sebelumnya.

Kemudian, dalam hal jumlah penduduk, terdapat sekitar 1,09 juta penduduk yang tergolong miskin multidimensi pada  tahun 2014. Penduduk miskin multidimensi di provinsi ini memang masih terkonsentrasi di wilayah perdesaan. Namun, laju penurunan jumlah penduduk miskin di perkotaan justru lebih tinggi dibanding perdesaan. Jumlah penduduk miskin di perkotaan turun hingga 28 persen selama periode 2012-2014. Sementara jumlah penduduk miskin di perdesaan hanya turun sekitar 11 persen. Hal tersebut mengindikasikan bahwa masyarakat perdesaan relatif lebih sulit terbebas dari kemiskinan multidimensi.

Jumlah Penduduk Miskin 2014

1.093.791

32%

% RT Miskin Multidimensi

32%

% Intensitas Kemiskinan

42,4%

Indeks Kemiskinan Multidimensi

0,136