Profile MPI di Bali

Dalam konteks kemiskinan multidimensi, tingkat kesejahteraan masyarakat Bali cenderung meningkat dari tahun ke tahun selama periode 2012-2014. Indikator-indikator yang mengukur kondisi kemiskinan multidimensi memperlihatkan perbaikan selama kurun waktu tersebut. Satu hal yang perlu diperhatikan ialah jumlah rumah tangga miskin pada 2014 sedikit meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, meskipun dalam hal jumlah penduduk yang miskin tetap menurun.

Rumah tangga miskin di Provinsi Bali berkurang dari 252 ribu rumah tangga pada 2012 menjadi 229 ribu rumah tangga pada 2013. Namun, tahun berikutnya, jumlah rumah tangga yang tergolong miskin ini bertambah sebanyak 50 rumah tangga. Sementara itu, jumlah penduduk miskin multidimensi terus berkurang dari tahun ke tahun. Selama kurun waktu tiga tahun, penduduk miskin di provinsi ini turun sebanyak 6,39 persen.

Indikator-indikator kemiskinan multidimensi lainnya, seperti angka kemiskinan, keparahan kemiskinan dan indeks kemiskinan, menggambarkan kondisi masyarakat yang semakin membaik setiap tahunnya. Meski demikian, pemerintah daerah tetap harus memberikan perhatian secara khusus terhadap kemiskinan multidimensi ini sebab keparahan kemiskinan masih relatif tinggi dan merata, baik di perdesaan atau pun perkotaan.

Jumlah Penduduk Miskin 2014

891.404

22%

% RT Miskin Multidimensi

21,8 %

% Intensitas Kemiskinan

41,0 %

Indeks Kemiskinan Multidimensi

0,089