Profile MPI di Kalimantan Timur

Provinsi Kalimantan Timur merupakan wilayah yang kaya akan bahan tambang dan perkebunan terutama sawit. Namun dibeberapa daerah, masyarakatnya masih terbelit kemiskinan multidimensi. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Salah satu diantaranya adalah dengan memekarkan diri. Pada tahun 2012 lima kabupaten kota di wilayah utara bergabung membentuk Provinsi Kalimantan Utara. Kelima daerah tersebut adalah Kabupaten Nunukan, Bulungan, Tanah Tidung, Malinau, dan Kota Tarakan. Namun dalam pembahasan profil kemiskinan multidimensi ini data Provinsi Kalimantan Timur masih mencakup wilayah Provinsi Kalimantan Utara.

Dalam hal kemiskinan multidimensi, kondisi kesejahteraan masyarakat Kalimantan Timur menunjukkan perbaikan pada kurun waktu 2012-2014. Perbaikannya ditunjukkan secara konsisten ditunjukkan oleh kelima parameternya. Parameter tersebut adalah jumlah rumah tangga miskin, jumlah penduduk miskin, angka kemiskinan multidimensi, keparahan kemiskinan multidimensi dan Indeks Kemiskinan Multidimensi.

Pada tahun 2012 jumlah rumah tangga miskin multidimensi sebesar 276 ribu. Dua tahun kemudian turun menjadi 226 ribu rumah tangga. Penurunan jumlah rumah tangga ini menyebabkan angka kemiskinan multidimensi juga ikut turun menjadi 23,0 persen pada tahun 2014. Dua tahun sebelumnya masih tercatat sebesar 28,9 persen. Demikian pula dengan keparahan kemiskinan multidimensi semakin membaik selama tiga tahun tersebut. Ini berimbas pada kondisi Indeks Kemiskinan Multidimensi yang juga cenderung membaik.

Meski secara umum kemiskinan multidimensi Kaltim menurun, namun keparahan multidimensi di perdesaan pada tahun 2014 justru meningkat. Padahal pada tahun 2013 sempat turun. Semula tahun 2012 keparahan di perdesaan tercatat sebesar 41,2 persen. Setahun kemudian kondisinya membaik menjadi 41,1 persen. Kemudian pada tahun 2014 meningkat menjadi 40,0 persen.

Jumlah Penduduk Miskin 2014

995.259

23%

% RT Miskin Multidimensi

23,0%

% Intensitas Kemiskinan

40,0%

Indeks Kemiskinan Multidimensi

0,092