Profile MPI di Sulawesi Utara

Kondisi kemiskinan multidimensi di Provinsi Sulawesi Utara secara umum memiliki pola perubahan yang hampir serupa dengan beberapa wilayah lain di Indonesia. Pada 2013, indikator-indikator kemiskinan multidimensi di provinsi ini memperlihatkan adanya penurunan kemiskinan, baik dari segi jumlah, keparahan maupun indeks kemiskinan. Namun kondisi tersebut tidak berlanjut di tahun berikutnya, justru terlihat ada pergerakan naik pada indikator-indikator tersebut.

Jumlah rumah tangga dan penduduk yang tergolong miskin multidimensi sempat berkurang pada 2013. Pada tahun ini, ada sekitar 223 ribu rumah tangga atau sekitar 928 ribu penduduk yang dikategorikan miskin. Jumlah ini lebih kecil dari tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 245 ribu rumah tangga dan lebih dari satu juta penduduk yang tergolong miskin. Tahun berikutnya, jumlah rumah tangga miskin memang berkurang dari yang tercatat pada 2013. Namun, jumlah penduduk miskin di provinsi ini meningkat menjadi 964 ribu jiwa.

Sejalan dengan perubahan jumlah rumah tangga dan penduduk miskin, indeks kemiskinan multidimensi Sulawesi Utara juga bergerak dengan pola yang relatif sama. Sempat menurun pada 2013, namun kembali naik pada tahun berikutnya. Naiknya indeks kemiskinan multidimensi ini didorong oleh naiknya angka kemiskinan dan keparahan kemiskinan pada 2014. Meski tidak setinggi indeks 2012, indeks kemiskinan multidimensi 2014 tidak bisa dipertahankan agar tidak naik kembali.

Jumlah Penduduk Miskin 2014

964.411

36%

% RT Miskin Multidimensi

35,9%

% Intensitas Kemiskinan

41,1%

Indeks Kemiskinan Multidimensi

0,148