Profile MPI di Sulawesi Selatan

Meski menjadi suar utama wilayah timur Indonesia, Provinsi Sulawesi Selatan juga masih memiliki persoalan kemiskinan multidimensi. Selama periode 2012-2014, indikator-indikator kemiskinan multidimensi provinsi ini sempat bergerak turun, namun kemudian meningkat kembali pada tahun berikutnya. Indikator tersebut ialah jumlah rumah tangga dan penduduk miskin, serta angka kemiskinan multidimensi.

Pada 2014, jumlah rumah tangga miskin di provinsi ini tercatat tidak kurang dari 627 ribu rumah tangga. Jumlah tersebut setara dengan sekitar 2,9 juta penduduk yang tergolong miskin. Jumlah rumah tangga dan penduduk miskin ini meningkat dari tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 624 ribu rumah tangga dan 2,8 juta penduduk miskin multidimensi. Meski demikian, dibanding tahun 2012, jumlah rumah tangga miskin telah berkurang sekitar 49 ribu rumah tangga.

Sejalan dengan meningkatnya jumlah rumah tangga dan penduduk yang tergolong miskin, angka kemiskinan multidimensi Sulawesi Selatan juga meningkat pada 2014. Pada tahun tersebut, angka kemiskinan multidimensi mencapai 34,38 persen. Sekitar 1,7 persen lebih tinggi dibanding angka kemiskinan tahun sebelumnya. Memang, jika dibandingkan dengan tahun 2012, angka kemiskinan masih tetap lebih rendah.

Meski angka kemiskinan kembali meningkat pada pada 2014, akan tetapi keparahan kemiskinannya justru menurun. Hal ini membuat indeks kemiskinan multidimensi provinsi ini tetap sama dengan indeks tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya, menurunnya angka kemiskinan dan keparahan kemiskinan secara bersama-sama telah mendorong turun indeks kemiskinan Sulawesi Selatan.

Jumlah Penduduk Miskin 2014

2.891.883

32%

% RT Miskin Multidimensi

31,8%

% Intensitas Kemiskinan

42,4%

Indeks Kemiskinan Multidimensi

0,135