Profile MPI di Gorontalo

Provinsi Gorontalo yang merupakan provinsi hasil pemekaran dari provinsi Sulawesi Utara, termasuk salah satu daerah yang terbentuk pada awal pelaksanaan otonomi daerah di era reformasi. Potret masyarakat Gorontalo dalam hal kemiskinan multidimensi cenderung membaik dalam kurun waktu 2012-2014. Hal ini ditunjukkan dari menurunnya hampir seluruh indikator kemiskinan ini. Hanya saja, dalam hal keparahan kemiskinan multidimensi sempat meningkat pada tahun 2013.

Pada tahun 2014, rumah tangga miskin tercatat sekitar 129 ribu rumah tangga. Jumlah ini lebih kecil dari tahun sebelumnya yang mencapai 137 ribu rumah tangga. Seiring dengan berkurangnya rumah tangga miskin, jumlah penduduk miskin di provinsi ini juga turun dari 607 ribu jiwa menjadi sekitar 545 ribu jiwa. Dalam setahun terakhir tersebut, penduduk miskin telah bekurang sekitar 10,3 persen.

Menurunnya indeks kemiskinan multidimensi Gorontalo lebih didorong oleh turunnya angka kemiskinan. Keparahan kemiskinan yang sempat meningkat pada 2013, bisa terkompensasi oleh penurunan angka kemiskinan yang relatif tinggi, sehingga indeks kemiskinan pada tahun tersebut bisa tetap melanjutkan tren menurun. Pada tahun berikutnya, penurunan indeks kemiskinan multidimensi didorong oleh menurunnya angka kemiskinan dan keparahan kemiskinan.

Jumlah Penduduk Miskin 2014

544.825

46%

% RT Miskin Multidimensi

46,1%

% Intensitas Kemiskinan

43,7%

Indeks Kemiskinan Multidimensi

0,201