Profile MPI di Maluku

Provinsi Maluku merupakan salah satu provinsi dengan hampir seluruh indikator kemiskinan multidimensi yang tergolong tinggi. Mulai dari jumlah rumah tangga miskin, penduduk miskin, angka kemiskinan, keparahan kemiskinan, hingga indeks kemiskinan multidimensi. Dalam kurun waktu 2012-2014, perkembangan parameter kemiskinan multidimensinya sebagian besar membaik seperti jumlah rumah rumah tangga miskin, jumlah penduduk miskin, angka kemiskinan dan indeks kemiskinan multidimensi. Sedangkan keparahannya cenderung naik turun.

Dari sisi rumah tangga, setidaknya ada 172 ribu rumah tangga tergolong miskin multidimensi. Sebagian besar rumah tangga miskin tersebut berada di perdesaan. Jumlah tersebut setara dengan sekitar 49,6 persen dari keseluruhan rumah tangga di Maluku. Artinya, satu dari dua rumah tangga di provinsi ini tergolong miskin multidimensi. Angka kemiskinan pada tahun tersebut sekitar lima persen lebih rendah dari angka kemiskinan dua tahun sebelumnya.

Sejalan dengan berkurangnya jumlah rumah tangga miskin dan angka kemiskinan di provinsi ini, keparahan kemiskinannya pun menunjukkan tren yang serupa. Pada tahun 2012, keparahan kemiskinan provinsi ini masih sekitar 44,8 persen. Namun, dua tahun berikutnya, tinggal sekitar 43,8 persen. Turunnya angka kemiskinan dan keparahan multidimensi membuat indeks kemiskinan multidimensi provinsi ini juga menurun. Kedua indikator tersebut memiliki kontribusi yang sama bagi penurunan indeks kemiskinan selama kurun waktu 2012-2014.

Jumlah Penduduk Miskin 2014

892.095

50%

% RT Miskin Multidimensi

49,6%

% Intensitas Kemiskinan

43,8%

Indeks Kemiskinan Multidimensi

0,217